-->

Kata kunci merupakan salah satu faktor utama keberhasilan suatu website. Tanpa pemilihan kata kunci yang tepat, sulit untuk mendatangkan traffik ke website karena memang cara kerja mesin pencari berdasarkan kata kunci.
Banyak orang-orang yang membuat artikel bagus, namun tidak memiliki traffik yang sepadan karena artikel yang dia buat tidak pernah dicari oleh orang-orang di search engine. Kenapa bisa begitu? Karena dia tidak melakukan riset keyword terlebih dahulu.
Sebelum membuat artikel, pastikan artikel tersebut benar-benar di cari oleh orang-orang di search engine. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan keyword planner dari google. Berikut ini adalah cara penggunaan serta tips pemilihan kata kunci.
  1. Mendaftar di Google adwords
    Untuk dapat menggunakan google keyword palnner, anda harus memiliki akun google adwords terlebih dahulu. Caranya gampang kok, tinggal buka adwords.google.com. Jika sudah punya akun, silakan login
  2. Pilih Perencanaan kata kunci

3.Setelah masuk ke dalam google adwords, pilih ‘perencanaan kata kunci’ pada menu ‘alat’. Atau jika akun menggunakan bahasa inggris, pilih ‘keyword planner’ pada menu ‘tools’. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar.
4. Masukkan kata kunci yang diinginkan
5. Selanjutnya pilih menu seperti yang dikotak biru pada gambar. Kemudian isikan keyword yang kamu inginkan. Cukup isi pada kolom keyword saja, yang lainnya biarkan kosong.
Hasil
Nah disinilah strategi kita bermain. Pada contoh tersebut saya menggunakan keyword ‘golongan darah’.  Hasilnya ada sekitar 14.800 penelusuran setiap bulannya. Namun bukan hanya itu, google juga memberikan keyword yang relevan dengan keyword yang kita cari. Seperti ‘diet golongan darah o’, ‘diet golongan darah b’ dan semacamnya. Tipsnya adalah pilih keyword dengan penelusuran paling banyak, namun persaingan yang rendah. Kenapa? Karena kemungkinan kamu masuk halaman pertama google lebih tinggi. Jika kamu memilih keyword yang persaingannya tinggi namun ternyata SEO kamu tidak bagus, kamu akan kalah bersaing. Kecuali kalau SEO kamu memang sudah benar-benar bagus, why not?


EmoticonEmoticon