-->


Ini berguna untuk dapat membuat cadangan obrolan WhatsApp Anda, apakah Anda ingin mentransfer data Anda ke perangkat lain atau hanya melindungi pesan dan file Anda jika Anda kehilangan ponsel Anda.

Meskipun WhatsApp dapat secara otomatis mencadangkan obrolan Anda ke cloud, Anda perlu mengaturnya, dan tidak ada salahnya untuk mengunggah data Anda secara manual juga jika Anda harus segera berpindah ponsel.

Dengan mengingat hal itu, inilah cara menggunakan aplikasi WhatsApp untuk membuat cadangan obrolan Anda, serta cara mengaturnya untuk membuat cadangan secara otomatis.

Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp
Untuk mencadangkan obrolan WhatsApp Anda, mulailah pada menu 'Obrolan' dari WhatsApp, yang merupakan halaman yang mencantumkan semua percakapan Anda.

Pada menu ini, tekan ikon 'Opsi' di kanan atas, yang merupakan tiga titik vertikal, dan Anda akan melihat daftar opsi mulai dari 'Grup baru' dan turun ke 'Pengaturan'. Pilih opsi terakhir ini.
Dari menu 'Pengaturan', klik opsi kedua, yaitu 'Obrolan', lalu opsi kedua-ke-terakhir dalam menu 'Obrolan', yaitu 'Obrolan cadangan'.

Menu ini muncul ketika Anda mencadangkan WhatsApp terakhir ke penyimpanan lokal dan Google Drive Anda, serta ukuran semua pesan dan media Anda. Dari sini Anda juga dapat mengatur akun Google Drive yang didukung oleh WhatsApp, dan mengatur apakah ini terjadi hanya dengan Wi-Fi atau Wi-Fi dan koneksi seluler.

Untuk mencadangkan WhatsApp, cukup tekan tombol hijau 'Cadangkan', dan ponsel Anda akan segera mencadangkan semua data WhatsApp Anda ke penyimpanan lokal serta Google Drive.

Cara mengatur pencadangan WhatsApp otomatis
Untuk membuat ponsel Anda secara otomatis mencadangkan obrolan WhatsApp, temukan menu 'Cadangan obrolan' yang Anda gunakan untuk mencadangkan pesan secara manual di bagian atas.

Bagian kedua dari menu ini, berjudul 'Pengaturan Google Drive', memiliki opsi yang mengatakan 'Cadangkan ke Google Drive'. Pilih ini, dan itu memberi Anda berbagai frekuensi di mana WhatsApp akan secara otomatis membuat cadangan, dari tidak pernah setiap hari.
Pilih frekuensi yang Anda butuhkan - jika Anda sering menggunakan WhatsApp maka setiap hari mungkin yang terbaik untuk Anda, tetapi jika Anda adalah obrolan bulanan yang jarang atau bahkan 'Hanya ketika saya mengetuk "Cadangkan"' mungkin menjadi pilihan untuk Anda. Cukup ketuk frekuensi untuk memilihnya.

Ada beberapa opsi lain dalam menu ini yang mengubah cara pencadangan berfungsi, seperti apakah video dicadangkan juga, dan apakah pencadangan terjadi melalui seluler atau hanya Wi-Fi.


EmoticonEmoticon